PEMERINTAH KOTA MEDAN

BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DAN PENGEMBANGAN SDM

Profil BKDPSDM

Pemerintah Kota Medan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kota Medan, membentuk Perangkat Daerah terdiri dari 1 Inspektorat, 2 Sekretariat, 25 Dinas, 6 Badan dan 21 Kecamatan.

Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Medan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah tersebut, memiliki Kedudukan Tugas dan Fungsi sebagaimana tercantum dalam Peraturan Wali Kota Nomor 1 Tahun 2017 Pasal 90 yaitu:

  1. Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan unsur penunjang urusan pemerintahan lingkup kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.
  2. Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Wali Kota melalui Sekretaris Daerah.
  3. Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai tugas membantu Wali Kota melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan lingkup kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia.
  4. Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menyelenggarakan fungsi:
    1. penyusunan kebijakan teknis kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;
    2. pelaksanaan tugas dukungan teknis kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;
    3. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia;
    4. pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan lingkup kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia berdasarkan atas peraturan perundang-undangan; dan
    5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Wali Kota terkait dengan tugas dan fungsinya.