Sistem Kehadiran Online
Aparatur Sipil Negara
Pemerintah Kota Medan


Aplikasi Android Ver. 1.3

Download

Panduan Penggunaan

Download

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Solusi atas permasalahan anda


Aplikasi ini dalam proses pendaftaran pada Google Play Store, oleh karena itu untuk mengunduh aplikasi dapat melalui sumber di bawah ini :

  1. Situs BKDPSDM Kota Medan dengan alamat https://bkd.pemkomedan.go.id/kehadiran
  2. Share File Instalasi Aplikasi (.apk) melalui Aplikasi Pesan seperti Whatsapp dll.

Setelah berhasil mengunduh, maka silahkan buka file hasil unduhan pada aplikasi manajer file untuk melakukan instalasi Aplikasi.

Catatan : Aplikasi manajer file yang dimaksud, bisa bernama File Manager, Pengaturan File, MyFile dsb. bergantung kepada merek Perangkat yang anda gunakan.

Apabila file berhasil diunduh, namun ketika dibuka tidak melakukan instalasi. Maka langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Pastikan perangkat anda memenuhi spesifikasi minimum perangkat (Android versi 5.0 ke atas), agar dapat dilakukan instalasi aplikasi.
  2. Lihat hasil unduhan melalui aplikasi Pengaturan File (File Manager / Pengaturan File / MyFile dsb) pada perangkat anda.
  3. Pada beberapa perangkat hasil download akan muncul pada folder apk atau download.
  4. Apabila telah ditemukan file hasil unduhan, maka silahkan buka file untuk melakukan instalasi.
  5. Pada beberapa perangkat, file instalasi (.apk) hasil unduhan akan diubah otomatis menjadi file kompresi (.zip) atau dalam format (.man). Apabila ini terjadi pada perangkat anda, maka silahkan ubah nama/rename ektensi menjadi .apk kembali. Setelah itu installer dapat dijalankan.
    contoh :
    presensi_V.1.3.apk.zip => presensi_V.1.3.apk
    presensi_V.1.3.apk.man => presensi_V.1.3.apk

Catatan : Aplikasi manajer file yang dimaksud, bisa bernama File Manager, Pengaturan File, MyFile dsb. bergantung kepada merek Perangkat yang anda gunakan.

Silahkan hubungi Operator Kehadiran pada Perangkat Daerah/ Unit Kerja saudara dengan menyampaikan alasan penggantian perangkat. Selanjutnya, Operator akan meminta reset perangkat anda kepada Admin Utama di BKDPSDM Kota Medan.

Sembari menunggu reset perangkat, anda dapat melakukan instalasi aplikasi pada perangkat yang baru. Namun, anda dapat login ke perangkat baru setelah perangkat anda telah di-reset.

Silahkan hubungi Operator Kehadiran pada Perangkat Daerah/Unit Kerja saudara. Hal ini dapat terjadi dikarenakan Operator Kehadiran belum mengatur jadwal kerja anda pada hari ini.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan perangkat anda belum akurat menentukan lokasi anda (GPS tidak akurat). Untuk meningkatkan akurasi GPS perangkat anda, maka lakukan beberapa hal berikut :

  1. Koneksikan perangkat anda melalui WIFI Kantor atau Perangkat WIFI lain yang memiliki koneksi internet yang baik dan stabil.
  2. Memulai Ulang / Restart Perangkat Anda.
  3. Mengkalibrasi perangkat anda.

Untuk lebih jelasnya silahkan buka artikel Menemukan dan meningkatkan akurasi lokasi Anda

Sistem ini menggunakan Data Kepegawaian yang berasal dari Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Kota Medan.

Yang harus anda lakukan adalah :

  1. Periksa kembali NIP! Pastikan NIP yang dimasukkan adalah NIP yang benar;
  2. Cek apakah data anda sudah terdapat pada SIMPEG Pemko Medan. Pastikan status anda adalah pegawai aktif (Bisa login ke Aplikasi SIMPEG / SKP / Kinerja);
  3. Bila data anda telah ada, silahkan cek Perangkat Daerah/Unit Kerja anda apakah sudah diisi dengan Perangkat Daerah/Unit Kerja tempat anda bertugas; dan
  4. Apabila dua hal di atas ada yang tidak terpenuhi, maka silahkan hubungi Kasubbag Umum / Kepala Tata Usaha pada Perangkat Daerah/Unit Kerja anda agar dilakukan perbaikan data pada SIMPEG.